Tahun ini untuk kesekian kali aku berkesempatan untuk pergi keluar negeri. Kali ini saya mengikuti Th 45Th World Lung Conference di Barcelona dari 28 Oktober – 1 Nopember 2014. Tema utama dalam konferensi ini adalah soal TB, HIV dan Pengendalian Tembakau.

Untuk mengikuti kegiatan seperti ini ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Misalnya daftar jadi pembicara di sesi pleno, sesi komisi khusus atau mengajukan abstract penelitian atau kegiatan. Untuk 46th World Lung Conference kali ini, saya mengirimkan abstract soal penelitian persepsi masyarakat terhadap aksesi FCTC yang pernah dilakukan IISD bekerjasama dengan Lemlitbang Uhamka. 

Singkat kata,  abstract saya diterima dan dapat berangkat. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk mengikuti kegiatan ini.

Mengurus Visa Spanyol dengan Visa Schengen

Mengurus visa Spanyol itu ternnyata cukup mudah. Karena Spanyol termasuk ke dalam kawasan negara Schengen.

Apa itu negara Schengen? Negara schengen adalah 26 negara di kawasan eropa yang sudah mengintegrasikan instrumen perbatasan diantara mereka. Sehingga diantara sesama penduduk negara-negara schengen tidak memerlukan passport untuk saling berkunjung dan pengendalian perbatasan lainnya.

Untuk daftar negara-negara yang masuk negara schengen bisa dilihat daftarnya disini. Sehingga untuk masuk ke negara-negara di wilayah Shcengen, kita cukup mengurus satu jenis visa saja. 

Dulu waktu ke Amerika Serikat, sy harus mengurus visa ke kedutaan AS. Untuk aplikasi visa Schengen ini, ternyata bisa melalui biro jasa. Saya gunakan VFS Global yang kantornya ada di Kuningan City.

Agensi ini cukup terkenal karena selain menerima pengajuan visa untuk negara-negara di kawasan Schengen, biro ini juga menerima pengajuan visa bagi negara-negara lain. Jadi jika anda ingin mengurus Visa Spanyol di Jakarta atau mengurus visa ke negara Schengen lain di Eropa maka bisa melalui agensi tersebut. Praktis!!!

Jadi sebetulnya mengurus visa Spanyol itu mudah dan tidak terlalu sulit. Bahkan jika kita punya budget lebih dengan mendapatkan visa Schengen, kita bisa jalan-jalan ke negara lain tidak hanya ke Spanyol tapi negara eropa lainnya. Bagaimana mudahnya mengurus visa Spanyol bisa dicek dari syarat dan proses aplikasinya di bawah ini. 

Aplikasi dan Syarat Visa Schengen

Untuk mengajukan visa ke negara schengen, pertama-tama kita browsing persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Secara singkat persyaratan ini terkait dengan keterangan jelas soal acara apa, kapan, siapa pengundang dan detail acara lainnya.

Syarat lain tentu passport, foto standar, asuransi perjalanan, serta deposit dana untuk uang bekal dll. Berikut beberapa syarat untuk aplikasi visa schengen:
  1. Passport yang masih berlaku minimal 3 bulan
  2. Undangan acara dan jadwal acara
  3. Kontak dan nama penyelenggara acara
  4. Asuransi perjalanan
  5. Kejelasan akomodasi bukan hanya booking
  6. Uang minimal seharg 580,77 euro per orang atau lebih jika mau tinggal lebih dari 9 hari
Persyaratan lebih lengkap bisa cek disini.

Visa Spanyol Berapa Lama Nunggunya?

Jika persyaratan semua sudah lengkap bisa buat janji temu melalui website VFS dan datang pada jam dan waktu yang ditentukan. Anda akan diminta tes bio marker dan menunjukkkan persyaratan-persyatan diatas. Jika tidak ada kendala maka dalam 5 (lima) hari selanjutnya visa kita sudah selesai dan bisa diambil.

Di VFS ada fasilitas sms dan diantar dengan biaya tambahan yang masih reasonable. Fasilitas ini menarik, apalagi jika visa sudah bisa diambil kita akan mendapatkan notifikasi melalui sms atau email. Tidak perlu menunggu dengan harap-harap cemas.

Dengan perencanaan yang baik dan syarat yang terpenuhi, maka menunggu visa spanyol tidak akan lama begitu juga visa yang lainnya.

Biaya Pembuatan Visa Schengen 

Untuk biaya pembuatan visa berkisar antara 1,4 juta rupiah (waktu saya buat ya, perlu dicek harga terbaru). Biaya ini sudah termasuk biaya jasa agensi. Namun jumlah itu cukup masuk akal karena dengan mendapatkan visa Schengen maka bisa sipakai ke banyak negara. Dengan biaya sebesar itu, mengurus visa ini tidak terlalu sulit, cukup mudah.

Meskipun jika kita punya cukup waktu kita bisa mengurus sendiri ke kedutaan, namun perlu cari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu prosesnya seperti apa.

Itu dulu yang bisa dishare soal aplikasi visa Spanyol. Sekali lagi saya ingin sampaikan bahwa aplikasi visa spanyol di Jakarta ini cukup mudah. Maka jika ada peluang dan keluangan waktu silahkan apply sekarang juga.

Semoga membantu. 

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung