Ads (728x90)


Bisakah anda membayangkan jika di dunia ini tidak ada orang yang bohong? Hmm tentunya agak sulit membayangkan itu, karena yakin semua orang pasti pernah bohong dengan tujuan apapun, baik ataupun buruk. Kalo mau tahu bagaimana jadinya dunia tanpa kebohongan tonton film ini, The Invention of Lying. Film yang dibintangi oleh Ricky Gervais yang dirilis tahun 2009 ini memang cukup unik. Dengan mengambil tema yang jarang diangkat The Invention of lying (IL) mencoba mengajak kita untuk memikirkan kembali apa arti bohong dan bagaimana akibatnya bagi kehidupan manusia.

Cerita bermula dari kehidupan seorang bujang lapuk, pemuda yang sudah cukup berumur dengan karir yang stagnan dan tidak memiliki pasangan hidup bernama Mark Bellison. Ia hidup di sebuah dunia dimana semua orang tanpa kecuali tidak mampu dan tidak bisa melakukan kebohongan. Bisa anda bayangkan sebuah dunia dimana setiap orang mengatakan apapun secara vulgar dengan tanpa malu dan saringan persis sesuai dengan apa yang ada dalam pikirannya. Bahkan karena tidak bisa berbohong, tidak ada cerita luar biasa, fiksi atau rekaan yang biasa kita saksikan dalam film2 yang kita tonton sekarang ini.


Rikcy Gervais sebagai bintang utama yang merangkap sebagai sutradara dibantu oleh Matthew Robinson menggambarkan dunia seperti ini dengan dunia yang vulgar, tanpa sopan santun, dan tanpa simpati. Apapun yang ada dalam pikiran setiap orang disampaikan tanpa memikirkan perasaan ataupun perasaan orang yang akan mendengarkan. Dunia tanpa kebohongan ini digambarkan sebagai dunia yang polos, tanpa fiksi tanpa imajinasi dan tanpa basa basi.

Kemudian keanehan terjadi saat Mark Bellison mencoba mengambil uang di bank untuk membayar sewa rumah. Mark yang hanya memiliki tabungan sebesar 300 dollar tiba-tiba mempunyai pikiran untuk menyebutkan bahwa ia mau mengambil uang sebesar 800 dollar. Itu adalah kebohongan pertama yang terjadi di dunia, dan satu-satunya. Namun karena semua orang berpikir jujur dan apa adanya teller bank pun megabulkan permintaan itu, padahal mark berbohong. Pada saat itu terjadi Mark sendiri pun bingung apa yang sudah dia lakukan.

Keadaan semakin parah saat Martha Bellison (Ibunya Marka) sekarat. Sebagai anak yang baik, Mark tidak tega melihat ibunya sekarat dengan keadaan takut. Karena di dunia itu tidak seorang pun bicara tentang kematian dan apa yang akanterjadi setelah itu. Untuk menghibur ibunya Mark kemudian mengarang cerita tentang hal hal yang menyenangkan yang akan didapatkan setiap orang yang meninggal. Cerita tentang Mark yang tahu soal apa yang terjadi setelah kematian kemudian menjadi berita besar di seluruh dunia. Dan Mark pun tiba-tiba menjadi orang yang penting dan ditunggu di seantero dunia. Kemudian berlanjutlan setelah itu Mark mendapatkan berbagai keuntungan dari kemampuan dan penemuan dia yaitu Kebohongan.

Ricky Gervais mencoba menunjukkan bahwa dalam beberapa hal bohong, fiksi, imajinasi itu penting dan membuat hidup ini lebih baik. Ya, kebenaran terkadang menyakitkan dan untuk mengatakannya dengan baik, terkadang kebohongan dalam kadar yang pas bisa membantu menyampaikannya dengan lebih baik. Ini film yang beda, saya sarankan anda menontonnya sendiri. Two thumbs up, suwerrr dah…

download film disini
subtitle nya disini

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung