Ads (728x90)

Satu lagi tentang COMMUNITY DEVELOPMENT

Bab 10
Prinsip-Prinsip Community Development
Penerapan prinsip ke dalam praktek

Bab ini menggarisbawahi beberapa prinsip Community Development yang muncul dari diskusi di bab sebelumnya dan dimaksudkan sebagai sekumpulan prinsip yang seharusnya mendasari pendekatan pembangunan untuk semua praktek komunitas. Yang mewakili rangkuman dari buku ini sehingga pembaca akan menemukan sedikit materi baru yangtidak disajikan di bab sebelumnya; ini lebih merupakan rekapitulasi prinsip-prinsip yang sudah diidenifikasi sebelumnya. Beberapa pekerja komunitas telah menemukan rangkuman seperti ini sebagai sebuah ceklis pegangan praktis untuk dipraktekkan, sementara yang lain menemukannya bermanfaat untuk mengembangkan kerangka untuk mengevaluasi proyek Community Development.


Prinsip-prinsip yang digarisbawahi disini bukanlah sekumpulan resep ‘cara melakukan sesuatu’. Salah satu diantara tema yang dibahas di bab sebelumnya, khususnya bab 5, adalah kebutuhan untuk memberikan kesempatan kepada struktur dan proses untuk berkembang secara organic dari dalam komunitas itu sendiri. Hal ini, bersama dengan prinsip kebragaman ekologis, memerlukan hal tersebut untuk dilaksanakan secara berbeda di dalam komunitas yang berbeda pula, tergantung kepada factor kondisi budaya, ekonomi, social dan politik setempat. Karena itu segala macam tuntunan untuk melakukan sesuatu (how to) nampaknya tidak bias dilaksanakan secara full.

Prinsip-prinsip Ekologis
Suatu komunitas atau struktur tidai akan bertahan lama dan tidak akan bias menjawab isu-isu dasar ekologis kecuali jika berlandaskan kepada prinsip-prinsip ekologis.
  1. Holisme
  2. Sustainabilitas (keberlanjutan)
  3. Keberagaman
  4. Perkembangan organik
  5. Pembangunan yang Seimbang
Prinsip-prinsip Keadilan Sosial
Pendekatan ekologis saja tidak cukup untuk sebagai dasar pelaksanaan community development. Sehingga community development bukan hanya menuju kepada dunia yang berlanjut secara ekologis namun juga dunia yang lebih adil.
  1. Memecahkan hambatan struktural
  2. Memecahkan hambatan diskursus
  3. Pemerdayaan
  4. Kebutuhan akan definisi
  5. Hak asasi Manusia
Menghargai Lokalitas
Dasar gagasan community development adalah ide perubahan dari bawah atau perkembangan bottom up yang sering bertentangan dengan ide top down atau memaksakan pengetahuan dari atas.
  1. Menghargai pengetahuan lokal
  2. Menghargai budaya lokal
  3. Menghargai sumber daya lokal
  4. Menghargai keterampilan lokal
  5. Menghargai proses lokal
Prinsip Proses
Community development adalah tentang proses bukan hasil, ia adalah tentang perjalanan bukan kedatangan sehingga banyak sekali paraktek yang prinsipil adalah fokus pada gagasan proses.
  1. Proses, hasil dan visi
  2. Integritas Proses
  3. Penumbuhan kesadaran
  4. Partisipasi
  5. Kerjasama dan konsensus
  6. Pembangunan Bertahap
  7. Kedamaian dan tanpa-kekerasan
  8. Inklusif
  9. Pembangunan Komunitas
Prinsip hubungan antara Global dan Lokal
Hubungan antara lokal dan global sekarang semakin signifikan. Pekerja komunitas harus memahami dampak globalisasi dan kesadaran ternhadap isu-isu internasional. Agar relevan dengan abad 21 seorang pekerja komunitas harus melaksanakan community development dari persfektif seorang internasionalis.
  1. Menyambungkan antara global dengan lokal
  2. Praktek yang anti-kolonialis
Kesimpulan
Beberapa prinsip ini adalah ringkasan dari berbagai prinsip yang telah dibahas di pembahasan sebelumnya. Tentunya lebih kompleks dan rumit daripada ringkasan ini. Seluruh prinsip ini perlu diadaptasi lebih lanjut, dan disusun ulang sesuai dengan konteks. Tidak bisa dijadikan secara khusus atau sebagai panduan namun cukup mewakili pelaksanaan community development bagi para pekerja komunitas. Setelah memperhatikan prinsip-prinsip ini maka inilah saatnya kembali ke peran pekerja komunitas yang sesungguhnya dan melengkapi kemampuan agar dapat melaksanakan peran dengan baik.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung