Category:Movies
Genre: Education
Gruwell adalah seorang guru bahasa inggris muda yang belum berpengalaman di Wilson High School Loang Beach, California. Sebagai guru pemula ia hanya berhak mengajar di kelas satu di SMA tersebut, dan tentunya bukan hal yang mudah untuk menyesuaikan diri mengajar di tempat tersbut. hal ini karena Logbeach pada saat itu (pertengan 1990-an) sedang kacau. Situasi sosial disana sedang mengalami dgradasi karena maraknya gangster dan pertentangan etnis yang begitu kompleks. Anak-anak yang besar di tengah kekacauan yang menjurus ke peperangan dan bentrokan etnik itulah yang dihadapi oleh Gruwell di kelas.



Kendala pertama yang dihadapi Gruwell adalah sulit sekali untuk membangkitkan semangat belajar anak-anak didiknya. Kehidupan jalanan telah membuat anak-anak muda itu menjadi antisosial, susah bergaul, gampang emosi dan nyaris menjadi zero trust society. Kondisi pluralitas etnis masyarakat Amerika dalam konteks ini mengalami tantangan yang begitu berat. Karena setiap anak menyimpan prasangka negatif terhadap keragaman etnis yangterjadi di lingkungan mereka.

Digambarkan juga kekerasan yang berasal dari perbedaan etnis itu pula yang menjadi pengalaman anak-anak tersebut setiap hari. Inilah yang ingin diperbaiki Gruwell melalui anak-anak tersebut. Dimulai dari membahas cemoohan salah seorang anak kepada anak kulit hitam di kelas tersebut, dengan begitu semangat Gruwell secara perlahan mengajarkan apa arti 'berbeda' kepada muridnya. Ia juga mengajarkan betapa kehidupan gangster yang selama ini mereka jalani adalah sebuah kesalahan dan perklu dihentikan. Dengan kasih sayangnya sebagai seroang Guru, Gruwell mengajarkan kepada muridnya tentang arti menerima dengan tulus segala perbedaan.

Ia bekerja ekstra untuk membantu muridnya mendapatkan buku-buku yang bisa membebaska mereka. Ia juga meminta kepada muridnya untuk menuliskan segala pengalaman mereka baik yang positif maupun yang negatif ke dalam sebuah buku harian. Dan pada akjhirnya catatan-catatn itu menjadi buku bersama yang begitu berharga.

Kisah ini terisnpirasi dan berdasar dari kisah nyata murid sekolah Wilson Highs School yang terjadi di pertengahan tahun 1990-sn. Film yang sangat menarik dan bermanfaat untuk didiskusikan bersama dan sebagai refleksi atas pendidikan kita. Selamat penasaran, dan tonton filmnya kereeeeen abisss....

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung